TIPS MEMASAK MASAKAN SEHAT BERGIZI DENGAN WAKTU YANG TERBATAS

Tak bisa dipungkiri, masalah yang sering dialami seorang wanita yang berkarir di luar rumah adalah keterbatasan waktu karena harus dibagi antara untuk kepentingan keluarga, dengan kepentingan pekerjaan di kantor.

Demikian juga dengan tuntutan hati yang ingin menyediakan makanan yang lezat, sehat dan bergizi hasil olahan sendiri untuk orang-orang tercinta, merupakan salah satu masalah yang dialami.

Tak jarang jalan pintas ditempuh dengan memasak masakan dari bahan instant, demi membahagiakan anggota keluarga, seperti membuat sosis asam manis, menggoreng chiken nugget, atau memasak ikan tuna yang berasal dari kemasan kaleng.

Cara diatas memang praktis. Tidak melelahkan dan tak menyita waktu. Akan tetapi, tentu saja tubuh akan menagih masakan yang diolah dari bahan segar. Tanpa mengesampingkan makanan instant, setiap tubuh memerlukan gizi yang seimbang yang diperoleh dari lauk pauk dan sayuran, terutama lauk pauk dan sayuran segar yang lebih tinggi nilai gizinya dibandingkan dengan masakan instat.

Demikian pula dengan tubuh orang-orang tercinta di rumah. Tak jarang protes terdengar dari anak-anak atau suami yang menginginkan masakan lezat dari bahan alami.

Bila Anda seorang wanita karir dengan keterbatasan waktu yang dimiliki, namun senantiasa ingin menyajikan makanan lezat dan sehat dengan penuh cinta untuk anggota rumah tercinta, berikut ini sedikit tips yang mungkin dapat membantu memecahkan masalah Anda, sehingga Anda dapat menyediakan masakan lezat dan sehat buatan sendiri tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra dengan hanya meluangkan sedikit waktu pada hari kerja Anda.
  1. Pada hari libur, luangkan waktu untuk mencuci dan membersihkan bahan masakan beserta bumbunya untuk 4 hari ke depan
  2. Simpan daging sapi, daging ayam, ikan, udang yang sudah dibersihkan, ke dalam freezer
  3. Cuci bersih semua sayuran, cabai, daun bawang, seledri dan tomat, lalu tiriskan
  4. Bersihkan dan cuci bumbu rempah seperti serai, laos, kunyit, jahe, dll, lalu tiriskan
  5. Kupas bawang merah dan bawang putih, tiriskan
  6. Setelah sayuran, bumbu rempah, tomat, seledri dan bawang daun ditiriskan, masukkan ke dalam wadah terpisah sesuai kategori, simpan dalam lemari es
  7. Haluskan bawang merah dan bawah putih secara tidak bersamaan, lalu masing-masing dimasukkan ke dalam wadah plastik dengan tutup yang sempurna agar aromanya tidak merusak bahan makanan yang lain, simpan dalam lemari es
  8. Haluskan cabai merah, beri sedikit garam sebagai pengawet alami, masukkan dalam wadah plastik dengan penutup yang sempurna, simpan dalam lemari es
  9. Peras kelapa parut untuk menghasilkan santan, didihkan hingga matang, dinginkan, kemudian masukkan ke dalam botol kaca, tutup rapat, simpan dalam lemari es
  10. Untuk keperluan bumbu rempah yang dihaluskan, Anda dapat memarutnya dengan parutan kecil. Cara seperti itu jauh lebih praktis dan cepat dibandingkan dengan menghaluskannya dengan menggunakan blender atau batu gilingan yang sedikit memakan waktu pada saat membersihkan perangkat yang sudah digunakan tadi.
Demikianlah semua bahan dan bumbu telah bersih dan tersimpan rapi di lemari es, sehingga proses bakterisasi dan pembusukan dapat sangat diminimalisir. Pagi hari sebelum mandi dan pergi kerja, Anda dapat berkreasi membuat masakan yang Anda inginkan. Anda hanya tinggal memotong bahan-bahan dasarnya, menyolek bumbu-bumbu tadi dari wadahnya, dan memasaknya, tanpa harus melalui waktu untuk membersihkan, mencuci , menghaluskan dan memeras untuk mendapatkan santan. Waktu Anda terhemat, tenaga Anda pun tidak terkuras. Anda dapat memasak dengan hati riang penuh rasa cinta, untuk orang-orang tercinta.

1 komentar:

Selamat Malam Semua... Aku mau bagiin info tentang Kontes SEO negh... Hadiah Puluhan Juta Rupiah...


http://virginialambor.blogspot.com/2014/03/kontes-seo-terbaru-2014.html

Reply

Poskan Komentar