Pentingnya Kebersihan dan Kesehatan Gigi Bagi Keuangan Anda

Sepertinya agak gak nyambung ya bos judul di atas. Lha iya, apa hubungannya antara kebersihan dan kesehatan gigi dengan keuangan. Kalau pribahasanya apa ya kalau gak nyambug itu? Tau ah, blank. Memang sepintas seperti tidak berhubungan, namun sebenarnya sangat berkaitan erat sekali. Contoh hidupnya adalah saya :(

Yups, malam ini untuk kesekian kalinya aku pergi ke dokter gigi dan harus merogoh kocekku lebih dari Rp. 500.000 karena menambal beberapa gigi. Kalau dihitung-hitung entah sudah berapa juta aku keluarkan untuk tambal plus cabut gigiku yang sudah bolong parah. Menjijikkan sekali ya.

Begitulah adanya. Gigiku ini termasuk parah keadaannya dan awal mulanya adalah karena aku kurang menjaga kebersihan gigiku yang berdampak pada kesehatan gigiku yang buruk alias bolong dan akrab dengan plak.

Sebenarnya aku tergolong orang yang sangat perduli dengan kebersihan dan kerapihan, malah di atas rata-rata. Namun, kala rasa malas melanda memang kadang aku hanya menyikat gigi kurang teratur, misalnya saat bangun siang aku menyikat gigi juga siang sehingga rentang antar aku menyikat gigi lebih dari 12 jam yang tentu saja membuat sisa makanan di sela gigiku sudah membusuk dan menggerogoti gigi kesayanganku perlahan tapi pasti. Setelah sekian tahun pun terbentuklah lubang-lubang di gigiku yang tidak putih. Ditambah aku adalah seorang perokok berat yang menyebabkan percepatan kerusakan gigiku semakin baik.

Alhasil, di usiaku yang sudah tidak muda lagi ini harus sering-sering ke dokter gigi dengan resiko rogohan kantongku semakin dalam.

Belajar dari pengalamanku, ada beberapa pesan yang ingin aku sampaikan, namun karena aku bukan dokter gigi maka sebaiknya saranku di bawah ini dikonfirmasi lagi ke dokter gigi ya :P. Berikut saran-saranku:
  1. Sering-seringlah menyikat gigi, apalagi jika anda termasuk suka mengonsumsi makanan yang mengandung zat yang dapat merusak gigi.
  2. Sikatlah gigi anda menggunakan pasta gigi terbaik 3 kali sehari yaitu pagi, sore dan malam hari menjelang tidur. Namun, apabila anda berniat untuk tidak tidur malam, tetaplah sikat gigi anda pukul 00:00.
  3. Sikat gigi sesering mungkin seperti diutarakan pada point 1 maksudnya adalah sikat gigi ringan saja jika selesai makan ataupun pada saat anda berwudhu. Dengan begitu, sisa makanan tidak sempat berlama-lama ngendon di gigi anda.
Gigi yang sehat dan bersih tentu akan sangat nyaman ketika difungsikan karena itu mari kita perduli dengan kebersihan dan kesehatan gigi. Terima kasih

Posting Komentar